Teknik Komputer Dan Jaringan

Tahukah Anda bhwa mmbuat kesalahan adalah sesuatu yang perlu. Kita tidak pernah betul-betul hidup – sampai kita mulai membuat kesalahan, karena kesalahan adalah biaya yang harus dibayar untuk mencapai keberhasilan. (suroso ediyanto)

Selasa, 09 Februari 2010

kawin silang USB+RJ 45

Pada kesempatan kali ini saya akan berusaha menulis dan mejelaskan cara membuat USB Extender dengan perpanjangan menggunakan Kabel UTP, agar dapat lebih memperjelas tulisan ini, saya juga menyertakan gambar/ foto dari album foto Pa Egoen. Sebelum nya saya ucapkan terima kasih buat Pak Goen, yang selalu memberikan inspirasi2 baru.

Ok, Mengapa kita perlu kabel USB yang panjang? Karena kabel Usb yang tersedia di Pasaran biasanya maksimal cuma 1-1,5 mtr. Walau sebenarnya ada yang 10-20 mtr, tapi jarang ada dan biasanya memerlukan USB repeater (klo ga salah itu namanya) untuk memperkuat aliran data di USB yang cukup panjang. yang menjadi masalah adalah harga USB repeater tersebut cukup mahal untuk saya beli, untunglah Pak Goen memberikan solusi dengan memperpanjang kabel USB menggunakan kabel UTP. Karena klo kabel USB nya diperpanjang dengan UTP kemungkinan besar untuk 20 mtr masih bisa tanpa USB Repeater(walaupun masih tergantung sama USB nya yang di Motherboard juga). Biasanya keperluan kabel USB panjang ini digunakan untuk pemasangan antena USB WiFi OutDoor, perpanjangan kabel printer,USB HUB, dll…

Disaranakan menggunakan USB ver 1.0, karena berdasarkan pengalaman. Trik ini hampir selalu berhasil pada USB ver 1.0

Baiklah, kita langsung pada prakteknya saja. Bahan dan peralatan yang perlu disiapkan adalah:



1. Kabel UTP, panjang nya sesuai dengan keperluan. Tetapi saya sarankan tidak lebih dari 20 meter. Kalau lebih dari 20 meter, akan diperlukan usb repeater/ usb extender untuk memperkuat aliran data dan daya.
2. Kabel USB
3. Rubber tape
4. Thermofit/ kondom kabel (optional)
5. Pipa pvc kecil
6. Gunting
7. Solder
Click here to enlarge
Setelah semua bahan disiapkan, yang pertama harus dilakukan adalah Kupas kabel UTP pada kedua ujung nya. Dan di bagi menjadi 4 bagian seperti pada gambar di bawah ini. Pembagian nya, kabel orange di gabung dengan kabel putih-orange, putih-biru, hijau dan sisanya dari 4 kabel digabung menjadi satu.
Click here to enlarge
Selanjutnya, kabel usb yang sudah disiapkan tadi dipotong manjadi 2 bagian.
Click here to enlarge
Kemudian ujung2nya di kupas, seperti pada gambar dibawah:
Click here to enlarge
Tahap selanjutnya, masukkan pipa pvc kecil/ pipauntuk pelindung sambungan ke masing masing ujung bakel UTP
Click here to enlarge
Dan, begitu juga pada bagian kabel usb nya. Masukkan kondom pembungkus kabel pada masing masing bagian kabel USB.
Click here to enlarge
Selanjutnya, sambungkan kabel UTP dengan kabel USB, dengan urutan seperti gambar di bawah ini, sangat disarankan menggunakan solder, karena dari pengalaman saya ketika tidak menggunakan solder, USB device tidak terdetek oleh computer walaupun sudah diset menjadi USB versi 1.0:
Click here to enlarge
Setelah semua kabel tersambung, bungkus sambungan tersebut menggunakan kondom kabel/ thermofit.
Click here to enlarge
Dan setelah itu, bungkus kembali sambungan tadi dengan pipa pvc kecil.
Click here to enlarge

0 komentar: